Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini, prinsip perkembangan anak usia dini, pentingnya pendidikan anak usia dini ppt, pentingnya pendidikan anak usia dini menurut para ahli, pentingnya pendidikan anak usia dini dalam membangun masa depan bangsa, pentingnya pendidikan anak, pentingnya paud, pendidikan usia dini, pendidikan sejak dini, pendidikan anak usia dini adalah, pendidikan anak usia dini, mengapa paud itu penting, jurnal pengertian anak usia dini pdf, fungsi pendidikan anak usia dini
Sumber: pixabay.com

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini - Pendidikan untuk Anak di Usia Dini atau di sekolah PAUD adalah salah satu cara membimbing anak dari dini hingga tumbuh besar yang diselenggarakan dari pemberian pengalaman pendidikan supaya terbentuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, hal ini dilakukan supaya anak bisa lebih siap untuk menunjang ke jenjang selanjutnya.

Pendidikan anak usia dini adalah salah satu upaya penyelenggaraan pendidikan yang mengutamakan kepada pelatihan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (aktif, kuat dan berani), kepintaran (daya fikir), (daya cipta, pengontrolan sikap, kejeniusan), tingkah laku (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, yang bisa menyesuaikan dengan sifat serta membentuk.


Terdapat Dua Tujuan Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini Itu Penting, yaitu:


Tujuan Utama

supaya tercipta anak bangsa yang baik, yaitu anak yang cerdas serta aktif, baik dari perilaku maupun tingkatan perkembangannya supaya memiliki kematangan yang baik dalam menuju pendidikan lebih tinggi serta membentuk sifat yang baik di kehidupan yang akan datang.


Tujuan Kedua

Untuk membentuk pengalaman dan menyiapkan fisik serta kecerdasan anak supaya lebih siap dalam menuju pembelajaran yang lebih tinggi


Jalur Pendidikan Anak Usia Dini

Tercatat dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan, bahwa masa pembelajaran dimulai sebelum anak sekolah dasar. Terdapat 3 jalur pendidikan yaitu:


Jalur Pendidikan Formal

Jalur pendidikan ini Terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudlatul Athfal (RA) yang bisa di ikuti oleh anak dengan usia 4 sampai 6 tahun. Termasuk juga dengan Bustanul Athfal (BA).


Jalur Pendidikan Non Formal

Jalur pendidikan yang satu ini di lakukan diluar pembelajaran sekolah dengan tujuan perkenalan lingkungan dan membentuk perilaku anak, salah satunya ialah taman penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB) dan Satuan PAUD Sejenis. 


Jalur Pendidikan Informal

Dengan adanya jalur ini, membuktikan bahwa setiap anak berhak untuk belajar di layanan pendidikan yang layak, meski tidak termasuk ke lembaga pendidikan anak usia dini, baik formal maupun nonformal.


Macam Macam sekolah


Sekolah Dasar

Pendidikan yang satu ini adalah pendidikan pertama dengan waktu 9 tahun, yaitu Sekolah Dasar (SD). Di sinilah para murid belajar tentang ilmu di berbagai studi antara lain: - Ilmu Pengetahuan Alam - Matematika - Ilmu Pengetahuan Sosial - Bahasa Indonesia - Bahasa Inggris – Agama-Pendidikan Seni - Pendidikan Olahraga

Setelah murid masuk ke kelas akhir, semua murid harus mengikuti ujian yang di berikan hal ini bertujuan untuk mengetes ilmu yang telah di dapatkan selama masa pembelajaran, jika dinyatakan berhasil dan lulus, maka siswa bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi


Sekolah menengah pertama

Sekolah menengah pertama atau (SMP) dan madrasah tsanawiyah (MTS). ialah lanjutan sekolah dasar, bisa dibilang jika siswa lulus dari sekolah dasar bisa lanjut ke sekolah menengah pertama ini. Disini anak akan mendapatkan pembelajaran yang lebih sulit dan lebih disiplin, bedanya disini anak akan menjalani masa pembelajaran selama 3 tahun


Sekolah Menengah atas

Pendidikan menengah atas atau (SMA) adalah lanjutan dari sekolah menengah pertama. Terdapat beberapa jenis yaitu (SMA), (SMK) sekolah menengah kejuruan, (MA) madrasah aliyah dan (MAK) madrasah aliyah kejuruan. 

Disini siswa akan disuguhi pembelajaran yang lebih ketat lagi dan bisa memilih jurusan yang di inginkan, waktu pembelajarannya juga sama yakni selama 3 tahun. 

Setelah lulus dari sini, siswa bisa lanjut ke pembelajaran yang lebih tinggi lagi atau bisa mencari pekerjaan bahkan bisa menikah bila di inginkan.

Jika bapak ibu sudah mengetahui pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan ingin mengenal dunia bisnis untuk membimbing putra putrinya coba pelajari contoh bisnis kreatif bagi mahasiswa, yang bersumber dari www.kasgo.my.id.

Sumber: https://www.kasgo.my.id/

Kang Jae Seorang Freelance dari Tahun 2013. Suka Menjelajahi Internet. Jika Bermanfaat Bagi Anda Silahkan Share Ke Jaringan Sosial

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel