Materi Calistung TK PDF

Materi Calistung TK PDF

Materi Calistung TK PDF - Setiap anak memiliki kewajiban untuk belajar dan setiap orang tua memiliki kewajiban untuk mengajar.  Satu hal yang harus diajarkan adalah senam. 


Apa itu senam?


Calistang artinya membaca, menulis dan berhitung.  Senam adalah pelajaran dasar yang harus dipelajari anak-anak sejak usia dini, yang akan membantu mereka untuk dengan mudah menerima pelajaran di masa depan. 

Dengan senam, anak-anak belajar mengenal huruf dan angka.  Tetapi kehati-hatian harus dilakukan saat mengajarkan senam kepada anak-anak.  Mengajar sesuai kelas. 

Hindari mengajar anak Anda terlalu keras.  Karena bisa mengganggu pikirannya. Coba bapak ibu Download Buku Calistung TK PDF untuk latihan anak-anak terlebih dahulu

Untuk itu, kali ini Dokumen PAUD Ini merangkum senam untuk usia PAUD, TK A dan TK B.  Coba Bapak Ibu penjelasannya di bawah ini


1. Calistung Tingkat PAUD


Pendidikan anak usia dini atau sering disebut dengan PAUD merupakan salah satu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak untuk membekali mereka dengan stimulasi pendidikan yang membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental sehingga mereka siap memasuki pendidikan lebih lanjut.

Calistung merupakan salah satu agenda pembelajaran di PAUD.  Pembelajaran ini dilakukan melalui bermain. 


Membaca 


Ibu bisa mengajarkan nama-nama buah, benda dan nama lain sejak dini.  Ini bagus untuk menambah perbendaharaan kata si kecil. 

Plus, ibu juga bisa mengajari si kecil huruf alfabet dengan lagu dan video pembelajaran interaktif.  Ajak dia bernyanyi dan menari dengan gembira.  Metode ini menarik perhatian anak dan membuat mereka bersemangat untuk belajar membaca. 


Menulis 


Untuk belajar menulis sejak dini, Anda bisa mengenalkan anak untuk memegang pensil.  Mungkin yang dulu salah pegang pensil, sekarang dikoreksi sedikit demi sedikit. 

Kemudian, Anda juga bisa membimbing si kecil menggambar garis lurus, lengkung atau membuat lingkaran. 

Jika anak Anda bosan menulis dengan pensil, Anda bisa menggantinya dengan pensil warna.  Ini akan membuatnya melihat sesuatu dengan lebih berwarna dan menarik serta bersemangat untuk belajar. 


Menghitung 


Untuk membuat belajar menjadi menyenangkan, Anda bisa mengajak si kecil belajar sambil bernyanyi.  Misalnya, saya menyanyikan dua mata saya. 

Sambil bernyanyi dan bergerak, anak pasti akan senang belajar berhitung.


2. Calistung Tingkat TK A 


TK A merupakan salah satu jenjang pendidikan tinggi dari PAUD.  Sebagian besar anak yang ditempatkan di TK A berusia 4-5 tahun. 

Di TK tingkat A, anak-anak bisa belajar senam satu tingkat lebih tinggi dari anak usia PAUD.  Namun, pelajaran tidak dianjurkan terlalu sulit dan sulit bagi anak-anak. 

Bahkan di usia TK A, anak-anak tetap harus belajar senam sambil bermain.


Membaca 


Salah satu kegiatan literasi anak usia dini yang paling penting adalah pengenalan alfabet. 

Setelah anak-anak menyanyikan huruf-huruf alfabet, saatnya untuk mengenalkan bentuk-bentuk huruf. 

Ibu bisa mengajarinya dengan poster surat.  Juga, beri tahu anak Anda tentang huruf kapital, seperti huruf besar "a" dan huruf kecil "a". 

Perkenalkan huruf-huruf tersebut kepada balita Anda secara perlahan dan sering. 


Menulis 


Di TK tingkat A, Ibu bisa mengajari anak menulis dengan lebih banyak bimbingan.  Misalnya, sebelum si kecil membuat garis yang berantakan, sekarang ajari dia untuk tetap rapi. 

Triknya, ibu bisa membuatkan panduan menulis untuk si kecil.  Buatlah titik-titik dalam bentuk garis.  Kemudian minta dia untuk menggemukkan.

Jika Anda tidak ingin melakukan panduan menulis, Anda dapat membeli buku teks untuk anak-anak. 

Jika anak Anda sudah bisa menirukan garis, maka cobalah membuat zigzag, lingkaran dan sebagainya. 


Menghitung 


Di usia TK A, ibu bisa mengajak anak belajar berhitung dengan meminta mereka mengurutkan benda lalu menghitungnya pelan-pelan. 

Misalnya, minta anak mengurutkan mainan berdasarkan warna, lalu minta dia menghitungnya.  Tidak perlu banyak, mulailah belajar berhitung dari 1-5. 

Contoh lainnya adalah ketika membeli buah, mintalah anak Anda untuk membantu Anda memasukkan buah ke dalam kantong plastik sambil Anda menghitung.  Ini akan menyenangkan bagi anak kecil. 


3. Calistung Tingkat TK B 


Di Taman Kanak-kanak B, anak-anak sudah mendekati dunia sekolah dasar (SD).  Biasanya anak-anak di TK B berusia 5-7 tahun. 

Kelas senam anak di TK B akan lebih sulit dibandingkan di jenjang PAUD dan TK A. 


Membaca 


Setelah belajar mengenal huruf dari jenjang PAUD dan TK A, di TK B anak berlatih membaca.  Pertama, mulailah membaca dua huruf dua huruf.  Misalnya, "ba", "ca", "da" dan lain-lain. 

Jika Anda berhasil membaca dua huruf, tambahkan ke satu kata, misalnya, "Aba", "Baca", "Bada" dan lainnya.  Kemudian tambahkan lagi ke kalimat pendek seperti "Apa yang salah". 

Tingkatkan kesulitan membaca anak Anda jika sudah melewati tahap mudah.  Dengan begitu, kemampuan membaca si kecil akan meningkat. 


Menulis


Setelah menulis menggunakan panduan bertitik, bebaskan si kecil di TK B untuk menulis sendiri.  Anda hanya perlu memberikan contoh satu huruf pada secarik kertas, lalu minta balita Anda untuk meniru contoh yang ibu berikan.  


Menghitung


Menjelang usia TK B, anak sudah bisa dikenalkan dengan dunia plus minus.  Anda bisa mengenalkan si kecil pada pelajaran ini dengan menggunakan benda atau mainan. 

Misalnya menggunakan stik es krim, Lego, pensil warna dan lain-lain. 

Dengan menggunakan alat bantu belajar berhitung menjadi lebih menyenangkan dan membuat anak bersemangat.  

Jangan memaksakan atau mengkritik si kecil jika dia tidak bisa melakukannya dalam proses belajar senam. 

Itu kisi-kisi belajar senam anak sesuai usia, ya bun...!  Bersabarlah dan ajari si kecil untuk bersabar.  Karena seiring berjalannya waktu, si kecil akan mengontrol belajarnya sendiri.  Jadi, tetap semangat si kecil bersamamu. 

Kang Jae Seorang Freelance dari Tahun 2013. Suka Menjelajahi Internet. Jika Bermanfaat Bagi Anda Silahkan Share Ke Jaringan Sosial

Belum ada Komentar untuk "Materi Calistung TK PDF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel