Harga APE Dalam PAUD

Harga APE Dalam PAUD - Hallo sahabat Bunda Bunda kali ini Admin akan berbagi mengenai harga APE Dalam PAUD untuk dijadikan sebagai bahan referensi harga dalam pembuatan RKAS PAUD.

Hal ini tentunya harus sesuai dengan rujukan juklak dan juknis BOP PAUD terbaru, Mimin yakin bunda-bunda PAUD sudah tahu bahwa APE Dalam sudah tertuang pada Juknis PAUD.

APE Dalam PAUD terdapat beragam warna dasar seperti Merah, Kuning dan Hijau, Warna  ini masuk kategori warna terpopuler untuk APE Dalam PAUD saat ini. 

Jika bapak ibu membeli APE Dalam usahkan membelinya ketika ada diskon agar mendapatkan potongan harga dalam pembelian mainan TK / PAUD baik secara online maupun offline.


APE PAUD adalah

Sebelum ke harga alangkah baiknya bapak ibu mengetahui pengertian dari APE PAUD. APE PAUD adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan bermain anak usia dini, yang mengandung nilai pendidikan dan dapat mengoptimalkan perkembangan anak. Menurut Direktorat PAUD

Alat Permainan Edukatif atau yang sering disebut APE bahwa menurut Para Ahli bahwa Alat Permainan Edukatif (APE) adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan - Mayke Sugianto, 1995.

Tahukah bapak ibu bahwa alat permainan edukatif bahwa pengembangan dan pemanfaat pada APE tidak semua alat permainan dirancang untuk mengembangkan aspek-aspek dalam tumbuhkembang anak paud/tk.


Nama Nama APE Dalam untuk PAUD

Setelah mengetahui pengertian APE, selanjutnya kita akan mengenal nama-nama ape dalam untuk paud yang sering digunakan di satuan pendidikan anak usia dini tentunya yang sesuai dengan aturan yang dikeluarkan direktorat jenderal anak usia dini.

Pada postingan kali ini mimin membagi ke dalam 2 jenis ape paud yaitu APE Dalam Ruang (Indoor) Sensori Motorik dan APE Dalam Ruang (Indoor) PAUD Main Pembangunan.


Berikut adalah Nama APE Dalam Ruang (Indoor) Sensori Motorik

Pada postingan ini kami sekedar memberikan contoh ape dalam dan harganya yang bisa bapak ibu pelajari, untuk kepentingan bahan referensi yang akan di jadikan bahan RKAS PAUD di Satuan Pendidikan masing-masing.

1. Marakas

Nama APE berikutnya adalah Marakas APE ini terbuat dari Kayu, Bambu dan Batok Kelapa bahkan ada juga dari bahan plastik. 

APE ini diperuntukan untuk anak paud usia 8 bulan lebih, adapun pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam Kurikulum PAUD adalah Motorik Halus, Memperkuat Genggaman dan Pergelangan Tangan. 

APE Marakas ini bisa juga dikembangkan dalam ketrampilan sensori pendengaran bahkan pengetahuan tentang perbedaan suara-suara dan irama.


2. Kubus Kain

APE PAUD ini terbuat dari bahan kain atau flanel dan APE ini juga diperuntukan untuk anak usia 3 s/d 8 bulan. 

Adapun Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan pada Anak Usia Dini (PAUD) adalah Motorik Halus, Motorik Kasar, Pengenalan Warna dan Bentuk.


3. Tamborin

APE Tamborin ini terbuat dari Plastik Kayu atau Kulit Kayu. APE ini diperuntukan untuk anak usia Usia 8 bulan ke atas. 

Adapun pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum paud untuk Motorik Halus, Memperkuat Genggaman bahkan memperkuat Pergelangan Tangan, selain itu juga untuk meningkatkan ketrampilan sensori pendengaran dan pengetahuan tentang perbedaan suara-suara dan irama.


4. Buku Bergambar

APE PAUD yang kedua adalah Buku Bergambar, APE ini dibuat dari bahan Kain Flanel. Perlu bapak ibu guru ketahui juga bahwa APE ini diperuntukan untuk anak usia 3 s/d 8 bulan. 

Selanjutnya Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan yang terdapat pada Kurikulum PAUD adalah Motorik Halus, Pengenalan Warna dan Bentuk.


5. Kuas Lukis

APE Dalam PAUD yang ke enam adalah APE Dalam Kuas Lukisan, APE ini terdapat berbagai macam ukuran. Seeprti Kuas Lukisan yang berukuran 4″ s/d 12″. 

APE ini diperuntukan untuk anak Usia 2 tahun ke atas tetapi semakin kecil usia anak maka semakin besar ukuran kuas lukisan yang harus disediakan. 

Adapun pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan pada kurikulum adalah pengetahuan tentang warna dan tekstur, sensorimotor, memperkuat otot jari dan pergelangan tangan.


6. Adonan Tepung

Selanjutnya adalah APE PAUD Adonan Tepung. APE ini alangkah baiknya dibuat dari bahan yang tidak dapat membahayakan anak.

Silahkan bapak ibu buat Adonan Tepung tidak menggunakan bahan kimia. APE ini untuk anak usia Usia 2 tahun ke atas.

Adapun pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan pada kurikulum adalah pengetahuan tentang warna dan tekstur dan sensorimotor, memperkuat otot jari dan pergelangan tangan.


7. Botol

Botol ini masuk ke dalam APE Dalam tetapi botol yang terbuat dari Plastik, perlu bapak ibu ketahui bahwa APE Botol ini banyak bentuk dan ukurannya, silahkan bapak ibu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

APE ini diperuntukan untuk anak usia 3 tahun ke atas. Adapun Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam kurikulum adalah Sensorimotor Sains atau pengenalan sifat zat cair dan pengenalan campuran warna.


8. Gelas

APE Dalam PAUD selanjutnya adalah Gelas yang terbuat dari Plastik, Bambu, Kayu. Ape ini terdapat berbagai ukuran. 

APE ini diperuntukan untuk anak usia 2 tahun ke atas. Selanjutnya Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan seperti Keterampilan Sensori Pendengaran. 

Bahkan bisa melatih Kordinasi Mata, tangan, dan pendengaran Anak Usia Dini (PAUD). Selain itu juga bisa meningkatkan pengetahuan tentang bunyi dan irama anak.


9. Alat Musik Tradisional (Maracas, Kulintang, Angklung)

APE PAUD Alat Musik Tradisional ini terbuat dari bahan plastik, bambu, kayu, dan APE ini berbagai ukuran yang bisa bapak ibu beli sesuai dengan harga PAE Dalam PAUD yang tertuang pada Juklak dan Juknis. 

APE ini untuk anak usia 2 tahun ke atas dan Ape ini juga bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak tentunya yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum PAUD seperti keterampilan sensori pendengaran. Kordinasi mata, tangan, dan pendengaran. 

Adapun pengetahuan anak yang harus tercapai adalah pengetahuan tentang bunyi dan irama anak PAUD di satuan pendidikan masing-masing.


10. Drum

Bahan dari plastik, kayu, kulit kambing. APE untuk anak usia 1 tahun lebih. -Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: ketrampilan sensori pendengaran. Kordinasi mata, tangan, dan pendengaran. Pengetahuan tentang bunyi dan irama.


11. Menjahit Jelujur

APE dari Kayu dan plastic, kain flanel. APE untuk usia 3 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Keterampilan sensori, Emosi, Kordinasi mata dan tangan.


12. Kancing dan Manik-Manik

APE Dalam PAUD selanjutnya adalah Kacing dan Manik-Manik. APE ini dibuat dari bahan plastik, kayu ukuran besar. 

APE ini diperuntukan untuk anak usia 2 tahun ke atas. Adapun Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam kurikulum paud seeprti ketrampilan sensori, perabaan. 

APE ini juga harus mempu meng-cover kordinasi mata dan tangan anak dan mampu mengklasifikasi, motorik halus dan pengenalan bilangan dan pengenalan pola bilangan.


13. Roncean

APE dari Kayu, plastik. APE untuk usia Usia 3 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Pengenalan tentang pola- Koordinasi mata-tangan, Motorik halus, Fokus


14. Matras

APE dari Busa dibungkus plastik. APE untuk usia 1 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Ketrampilan motorik kasar.


15. Pensil Warna, Krayon dan Spidol

Pensil Warna, Krayon dan Spidol ini menurut Admin kerap banyak digunakan untuk pembelajaran di PAUD, sehingga bisa dikategorikan APE ini masuk ke dalam APE Dalam PAUD.

Perlu dikethaui juga bawah APE ini diperuntukan untuk anak usia Usia 3 tahun ke atas. Adapun Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan bisa pengetahuan tentang warna dan tekstur.

Ape ini masuk ke dalam kategori jenis sensori motorik, memperkuat otot jari dan pergelangan tangan, untuk lebih jelasnya bapak ibu bisa melihat lagi Kurikulum PAUD yang sudah dibuat.


16. Maze 3 Dimensi

APE dari kayu. APE untuk usia 2 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Motorik halus, Koordinasi mata tangan, Pengenalan warna.


17. Berbagai Biji-Bijian

APE sifatnya Kering, tidak berjamur. APE untuk usia 3 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Klasifikasi, Motorik halus, Sensori motor (perabaan), Koordinasi mata tangan, Pengenalan bilangan, Pengenalan pola


18. Bola

APE Dalam untuk Anak PAUD selanjutnya yitu APE Dalam Bola. Bola ini terbuat dari bahan Plastik atau Karet. 

Bapak ibu bisa membelinya dengan berbagai ukuran bola dan APE ini untuk anak usia  1 tahun usahakan boalnya lembek.

Tetapi untuk APE Dalam PAUD dengan usia anak 3 tahun lebih, bapak ibu bisa menggunakan bola untuk anak bola bisa tetapi tidak terlalu keras.

Adapun pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan dalam kurikulum adalah sensorimotor, perabaan (tekstur), memperkuat otot jari dan tangan. 

Selin itu APE ini bisa memperkuat ketangkasan seperti melempar, menangkap, menggelindingkan dan APE ini bisa mengetahui keterampilan sosialisasi dan kerjasama anak PAUD.


19. Baskom Warna

APE dari plastik. APE untuk usia 2 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Pengembangan kognitif (pengenalan warna, ukuran, dan klasifikasi).


20. Berbagai Batu

APE dari Batu alam de gan permukaan yang tidak tajam, atau dari batu-batu unik yang di cat aneka warna. APE untuk usia 2 tahun lebih. 

Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Pengembangan sensorimotor (pengenalan ukuran, perabaan). 

Pengembangan agama dan moral (apresiasi terhadap ciptaan Tuhan). Kognitif (berhitung, pengenalan warna, permukaan, bentuk).


Berikut adalah Nama APE Dalam Ruang (Indoor) Main Pembangunan

Selanjutnya adalah APE Dalam jenis mainan pembangaunan, APE Dalam jenis ini bisa dimainkan oleh anak ketika berusia 3 tahun atau lebih.

1. Puzzle Dengan Cetakan 

Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan adalah Pengembangan kognitif, Pengenalan warna + bentuk, Motorik halus, Sosial emosional

2. Puzzle Gambar


Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan adalah Motorik halus, Pengembangan kognitif, Pengembangan bahasa, Pengenalan bentuk geometri, Sosial emosional

3. Tangram

Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan adalah Pengembangan kognitif, Pengenalan warna + bentuk, Motorik halus, Sosial emosional

4. Balok Natural

Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan adalah Pengenalan Bentuk, Sosial emosional, Pengembangan bahasa.

5. Balok Warna

Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan adalah Pengenalan Bentuk, Sosial emosional, Pengembangan bahasa

6. Balok Asesoris

Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan adalah Pengenalan Bentuk, Sosial emosional, Pengembangan bahasa

7. Menara Balok

Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan adalah Pengenalan Bentuk, Pengenalan Warna, Sosial emosional, Pengembangan bahasa

8. Papan Pasak /PIN

Pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan adalah Pengenalan Bentuk, Pengenalan Warna, Sosial emosional, Pengembangan bahasa

9. Balok Susun

Adapun pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan pada kurikulum adalah pengenalan bentuk, Pengenalan Warna, Sosial emosional, Pengembangan bahasa, Pengembangan Kognitif

10. Tanah Liat

APE PAUD ini sudah dirancang untuk pengetahuan dan Keterampilan yang dikembangkan pada kurikulum paud seeprti motorik halus, koordinasi mata dan tangan anak.

Katalog APE PAUD 2020

Selain Nama-Nama APE Dalam PAUD di atas kami juga menyediakan Katlog APE PAUD tentunya katalog ini bisa bapak ibu sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Katalog Penyediaan Alat Peraga Edukatif (APE) PAUD 2020/2021 ini dilengkapi harga APE BOP PAUD Tahun Pelajaran 2020/2021.





APE PAUD dari Barang Bekas

Selanjutnya Admin akan memberikan contoh APE PAUD, tentunya contoh ape dari bahan bekas yang memanfaatkan barang-barang bekas. Pembuatan APE PAUD dari barang bekas adalah jalan alternatif untuk memanfaatkan barang yang ada.

Berikut Admin sajikan berbagai macam contoh APE yang terbuat dari barang bekas yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi sebagai pembuatan APE PAUD.

APE PAUD dari bahan bekas ini mudah dari di sekitar lingkungan rumah bapak ibu, silahkan manfaatkan dengan baik.












Contoh APE PAUD

Bapak Ibu Guru PAUD bisa menggunakan contoh APE PAUD yang bisa digunakan sebagai contoh di satun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masing-masing.

Berikut adalah contoh APE PAUD yang diambil dari berbagai sumber, hal ini berarti pentingnya di sekolah memiliki APE yang akan diajarkan kepada anak-anak.


Daftar Harga APE Dalam PAUD

APE Dalam PAUD dan Harganya ini adalah sebagai bahan pertimbangan bapak ibu saja, kemungkinan harga sewaktu-waktu berubah.

10 PRODUK TERBAIK HARGA TOKO PENYEDIA
TK Mainan Perosotan Anak Fiber Rp 2.400.000 Tokopedia
TK APE TK PAUD- Papan Absen isi 40 Gambar Rp 90.000 Tokopedia
TK Set Stik Berhitung Matematika Untuk Edukasi Awal Anak Elen Rp 434.994 Bukalapak
TK MAINAN PAUD TK - PERMAINAN SENSORY MOTORIK FOKUS - KADO ANAK ULTAH Rp 595.000 Tokopedia
TK Mainan Edukasi Anak 6 Tahun Laki Laki Paud Reusable Book Bisa Hapus Rp 89.000 Tokopedia
TK Grns Pabrik Perosotan tk tebal. pnjg. 2 mtr Rp 1.150.000 Tokopedia
TK Flash Card Kartu Belajar Anak Cocok Untuk Balita Paud TK Murah Rp 39.900 Tokopedia
TK Xdd 10Pcs Set Simulasi Makanan Potong Dapur Pura-Pura Bermain Mainan Edukasi Untuk Anak-Anak Perempuan Rp 205.800 Bukalapak
TK MAINAN EDUKASI ANAK KAYU - BALOK BACA SUKUKATA , APE PAUD TK EDUKATIF Rp 45.000 Tokopedia
TK Puzzle Kayu Angka 0 20 Mainan Edukatif Edukasi Anak Paud Rp 33.000 Tokopedia

Perlu diperhatikan bahwa Daftar Harga APE Dalam PAUD di atas, sewaktu-waktu bisa berubah dan ketersediaan APE Dalam PAUD juga bisa jadi terbatas.

Ape-Ape PAUD di atas bisa dijadikan sebagai contoh ape sosial emosional, tinggal bapak ibu pilih saja mana yang akan di masukan ke dalam ape sosial emosional pada rencana kerja anggaran sekolah bapak ibu.

Kami di sini sekedar memberikan gambaran harga untuk dijadikan patokan harga APE PAUD, adapun untuk lebih jelasnya bisa digunjungi website penyedia atau bisa langsung menghubungi penjualnya.

Kang Jae Seorang Freelance dari Tahun 2013. Suka Menjelajahi Internet. Jika Bermanfaat Bagi Anda Silahkan Share Ke Jaringan Sosial

Belum ada Komentar untuk "Harga APE Dalam PAUD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel