Metode Pembelajaran PAUD

Metode Pembelajaran PAUD - Guru zaman sekarang harus menjadi guru yang profesional. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru sebagai guru profesional.

Kompetensi pedagogik berkaitan dengan keterampilan seorang guru dalam melakukan kegiatan atau proses pembelajaran di kelas. 

Guru diharapkan memiliki kemampuan mengajar yang baik untuk menyediakan ruang belajar di mana siswa di kelasnya dapat mengeksplorasi dan mengembangkan kemampuannya.

Metode pembelajaran PAUD adalah metode yang digunakan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk membantu anak memperoleh keterampilan tertentu.

Guru hendaknya memahami pendekatan saintifik dengan mengacu pada pedoman Kemendikbud tentang pengelolaan pendidikan anak usia dini sehingga guru dapat memilih pendekatan pengajaran yang paling sesuai dengan metode pembelajaran anak.


Metode Pembelajaran PAUD

Secara umum metode pembelajaran yang diterapkan di PAUD terbagi menjadi 5 yaitu melalui bermain, cerita, musik, karyawisata, dan demonstrasi.


5. Metode Pembelajaran PAUD melalui Demonstrasi

Metode Pembelajaran PAUD


Mendemonstrasikan adalah menunjukkan dan menjelaskan. Jadi dalam demonstrasi guru harus menunjukkan dan menjelaskan bagaimana melakukan sesuatu.

Kami berharap melalui demonstrasi anak-anak akan memahami langkah-langkah pelaksanaannya. Demonstrasi sangat penting bagi anak-anak.

  • Dapat memperlihatkan secara konkret apa yang dilakukan
  • Membantu mengembangkan kemampuan mengamati secara cermat dan teliti
  • Membantu mengembangkan kemampuan untuk melakukan segala pekerjaan secara cermat dan tepat
  • Membantu mengembangkan peniruan dan pengenalan secara tepat


4. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Karyawisata

Metode Pembelajaran PAUD


Bagi anak-anak karyawisata adalah kesempatan untuk mencari informasi atau mempelajari sesuatu sendiri.

Karyawisata dimaksudkan untuk membekali anak dengan pengalaman belajar yang tidak dapat dilakukan di sekolah.

Welton dan Mallowton dalam buku Moeslichatoen juga menyatakan dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengamati alam dan melihatnya dari dekat.

Karyawisata sangat penting bagi perkembangan anak karena dapat meningkatkan minat mereka terhadap suatu mata pelajaran meningkatkan perolehan pengetahuan dan juga memperluas ruang lingkup kegiatan belajar anak yang dapat dilakukan di dalam kelas.


3. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Musik

Metode Pembelajaran PAUD


Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan lagu sebagai sarana belajar bagi anak.

Menurut Grace Soedargo, seorang musisi dan pendidik, dasar-dasar musik klasik, pada umumnya berasal dari irama detak jantung manusia sehingga berperan besar dalam perkembangan otak kepribadian jiwa dan raga manusia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa musik klasik dengan fluktuasi nada antara nada tinggi dan rendah merangsang wilayah ke-100 otak.

Faktanya pada usia 4 tahun kuadran B dan C otak anak-anak akan terus berkembang 80 persen dengan musik.

Hal ini dapat terjadi karena musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat yang dapat mempengaruhi ritme tubuh yang dapat mempengaruhi jiwa dan harmoni yang dapat mempengaruhi jiwa.


2. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Cerita

Metode Pembelajaran PAUD Melalui Cerita


Metode cerita adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan keterampilan guru untuk mendongengkan dongeng fabel atau cerita dongeng yang menanamkan pesan moral atau intelektual tertentu.

Ini akan berguna jika suatu hari anak Anda menghadapi masalah seperti cerita atau dongeng yang diceritakan oleh seorang guru.

Hal ini mendorong penalaran kreatif untuk memecahkan masalah yang dihadapi sesuai dengan pesan moral atau intelektual yang diajarkan kepada alam bawah sadar anak melalui cerita.


1. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Bermain

Metode Pembelajaran PAUD Melalui Bermain


Metode bermain adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menerapkan permainan tertentu sebagai sarana belajar bagi siswa.

Berdasarkan penelusuran literatur dan observasi cepat di lapangan teknik ini terbukti lebih efektif dan efisien dibandingkan metode lain.

Anak-anak belajar mengingat lebih cepat dan lebih banyak dan anak-anak tidak merasa bosan. Setidaknya ada 5 keuntungan nyata dari metode bermain ini.

  • Manfaat motorik adalah manfaat yang berkaitan dengan nilai positif mainan terhadap tubuh fisik anak
  • Manfaat emosional adalah manfaat mainan yang berkaitan dengan perkembangan psikologis anak
  • Manfaat kognitif adalah manfaat permainan bagi perkembangan kognitif anak yang sebagian besar berkaitan dengan kecerdasan anak.
  • Manfaat spiritual adalah manfaat bermain yang menjadi dasar untuk membangun nilai-nilai kesucian dan keagungan moralitas manusia.
  • Manfaat seimbang adalah jenis mainan untuk tumbuh kembang anak dimana mainan tersebut berfungsi untuk membentuk dan mengembangkan kombinasi nilai positif dan negatif dari mainan tersebut.

Jadi inilah 5 metode pendidikan anak usia dini yang umum yang harus diketahui guru dan orang tua yang kami ambil dari berbagai sumber.

Tidak hanya bergantung pada guru di sekolah Anda juga harus mengetahui metode pembelajaran yang anda gunakan di PAUD untuk anak.

Jadi pahami sistemnya dan cari tahu metode mana yang terbaik untuk anak kita. Dengan cara ini proses pembelajaran di PAUD akan mudah.

Kang Jae Seorang Freelance dari Tahun 2013. Suka Menjelajahi Internet. Jika Bermanfaat Bagi Anda Silahkan Share Ke Jaringan Sosial

Belum ada Komentar untuk "Metode Pembelajaran PAUD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel